TIKET

Mengenai Saya

Foto saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
menyajikan keindahan moment anda

Top List Reader

Sabtu, Januari 14, 2012

Radical Dust Removing From Image Sensor

Hai hai apa kabar semua ^^   dalam thread kali ini,  Aphot / Luki Fotografi akan berbagi tips untuk membersihkan sensor  kamera kamu yang kotor akibat debu yang menempel saat kita hunting poto atau saat kita mengganti lensa. Partikel debu yang halus dapat menembus sela sela antara lensa dan kamera sehingga akan membuat noda saat kita melihat hasil foto yang sudah kita dapat. tentu sangat menjengkelkan saat foto bagus disaat moment yang bagus ternyata pada hasil akhir terlihat kotor oleh noda pada sensor kamera. 

Jadi mengatasinya bagaimana ????? 

+ Software Photoshop tentu dapat mengatasi, tentu di butuhkan ketelitian yang cukup untuk dapat menyeleksi satu persatu noda noda tersebut dan menghapusnya... wah kerjaan yang melelahkan pastinya.. Dan hanya pada gambar, tidak pada kamera..

+ Yang kedua di bawa ke service resmi ( sangat disarankan ). Kita dapat menggunkan jasa service kamera kita berdasarkan brand kamera kita, atau bawa ke toko tempat kita membeli kamera pasti mereka akan sangat membantu kita. 

+ Ketiga bawa ke service kamera tapi Tidak Resmi tapi cukup punya reputasi dalam membersihkan sensor kamera. Dapat dipastikan bahwa kamera kita pasti akan bersih  atau seperti baru. 

Hmmmmm sangat menyenangkan.. tapi bilamana kita tidak cukup uang untuk membayar jasa mereka ???? 

Bagaimana  ?


+ pertama yang kita butuhkan adalah nyali untuk dapat membersihkan sensor kamera.

+ kedua kita butuhkan peralatan peralatan yang bisa digunakan.. seperti pada gambar disamping.. blower , cairan pembersih lensa, spatula, kertas koran, kawat pengikat kertas pada spatula ( bisa diganti dengan selotip )  dan kain khusus untuk lensa.

+ ketiga lepas lensa dari kamera dan kenali kamera kamu. cari menu pada kamera untuk membersihkan sensor secara manual. contoh untuk nikon ( mirror look up ) cannon ( manual clean ) dan jalankan menu tersebut.
+ ke empat , setelah kaca pemantul terangkat dan rana kamera terbuka pasti kamu akan menemukan bagian hitam agak kebiru hijauan .. nah itulah sensor kamera.. jangan takut okay ^^. di samping gambar image sensor. 
+ kelima , ambil blower hembuskan angin dari blower dengan sekuat tenaga sehingga debu terangkat.. test kameramu...jika masih terdapat noda pada foto ulangi lagi.
+ ke enam,  jika hasil foto tidak bersih dan masih terdapat noda ,ambil spatula dan kain khusus untuk lensa.. bungkus ujung spatula dengan kain tersebut.. agar rapi gunakan selotip untuk menahan kain pada bagian tengah / tangkai spatula agar kain tidak mengganggu pandangan kita. semprotkan cairan pembersih lensa pada spatula yang sudah terbungkus kain. setelah basah usapkan perlahan pada bagian sensor gambar kamera. tunggu bebera saat.. sebelum benar benar kering ganti kain pada spatula dengan kertas koran ( kenapa kertas koran ??? nanti dijelaskan ). semprotkan cairan  pembersih lensa pada ujung spatula yang sudah terbungkus kertas. nah usapkan spatula pada image sensor ( satu arah saja ). pastihkan sensor bersih dan kering dengan memantulkan cahaya ke arah sensor.. pasang lensa dan lakukan uji coba..

noda pada image sensor

hasil akhir
langkah langkah ini telah dilakukan oleh Aphot / Luki Fotografi dan hasilnya cukup memuaskan. untuk foto detail liat di facebook saya .

note  
*koran = koran memiliki pori pori kertas yang cukup lebar dan tidak banyak mengandung zat kapur atau pemutih sehingga permukaan koran lebih lentur dari pada kertas HVS. 

* cara cara ini TIDAK DIANJURKAN lebih baik dan pasti bawa kamera anda ke tempat service resmi.
* Aphot tidak bertanggung jawab atas kerusakan kamera Anda dikarenakan telah mengikuti langkah langkah diatas. Semua kerusakan yang terjadi adalah tanggung jawab anda sebagai pemilik kamera.



Semoga Bermanfaat 

butuh uang tambahan nich ada tips juga $$$ <<<< klik>>>>
atau follow link ini   


3 komentar:

  1. thanks suhu,..tips nya sudah di praktek kan,..hasilnya memuaskan dan bebas biaya,..sekali lagi thanks

    BalasHapus