TIKET

Mengenai Saya

Foto saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
menyajikan keindahan moment anda

Top List Reader

Selasa, Mei 03, 2011

Kenal Istilah Kamera

Focal Length: Menentukan sudut pengambilan gambar (Jarak antara sudut paling lebar dan sudut paling jauh sebuah lensa. contoh: 18-55mm (paling lebar 18mm dan paling jauh 55mm) Di kamera film 35mm klasik, 50mm adalah lensa standar karena sudut pandang kamera sama seperti apa yang di tangkap mata manusia.


Ilustrasi focal length kamera standar 35mm

Tapi di pasar, kamera kebanyakan kamera yang ada memiliki crop factor. Kamera Canon memiliki crop factor 1.6 dan Kamera Nikon memiliki crop factor 1.5,Olympus 2. Sehingga 18-55mm menjadi 29-88mm di kamera Canon, dan 27-83mm di kamera Nikon, dan 36-110m di kamera Olympus.

Maka, di kamera Canon misalnya, untuk mencari focal length standar mata kita kita bagi 50mm dengan crop factornya dan kita mendapatkan 31mm.


Jadi di kamera digital cropped factor, Canon X0D series, Rebel series, dan Nikon DX0 series, Semua kamera Olympus, focal length dibawah 31mm akan lebih lebar dari pandangan mata kita (zoom out),dan focal length 55mm akan lebih sempit dari pandangan mata kita (zoom in).


ilustrasi crop factor tiap kamera di pasar


Keuntungan lensa lebar adalah bisa mengambil gambar dengan sudut pandang lebar, sehingga berguna sekali dalam ruang pengambilan gambar yang sempit, misalnya mengambil foto banyak orang dalam satu ruangan kecil, mengambil gedung yang sangat tinggi. Karakteristik lain lensa yang berfokal length lebar adalah mampu mengambil gambar yang dramatis karena adanya distorsi.

Sedangkan keuntungan lensa tele atau yang lebih dari fokal lenght standar adalah kita bisa mengambil gambar dari jarak jauh. Karakteristik lensa tele adalah foto menjadi terkompres antara background dan objek, dan membuat depth of field / blur pada background/foreground menjadi lebih dalam/blur.


Aperture (Bukaan)
Aperture/bukaan adalah mekanisme yang mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke lensa. Semakin besar aperture minimum lensa, semakin baik lensa tersebut karena lensa tersebut menjadi lebih fleksibel terutama di kondisi dimana pencahayaan sangat kurang.

Dalam kode lensa, bukaan besar ditandai dengan nilai f yang kecil

contohnya f/1.8 memiliki bukaan lebih besar dari f/4.0

contoh:
Canon EF 20-35mm f/3.5-4.5 USM Lens
Berarti bukaan minimum lensa diatas adalah f/3.5 pada fokal length 20mm, dan f/4.5 di focal length 35mm (bukaan minimum akan meningkat ketika kita zoom in).

Sedangkan Canon EF 16-35mm f/2.8 L II USM Lens
Berarti bukaan lensa ini f2.8 constant di setiap fokal length baik 16 sampai 35mm.
Lensa memiliki bukaan constant biasanya lebih mahal tapi lebih baik kualitas gambarnya.
 
Lensa Utama (Lensa Prime)

Adalah lensa yang memiliki focal length yang tetap (tidak ada zoom)
misalnya
Canon EF 50mm f/1.4 USM Lens
 
Selain focal length tetap, Lensa prime biasanya lebih tajam dibanding kebanyakan lensa zoom, dan memiliki maksimal bukaan yang besar sehingga baik digunakan untuk kondisi pencahayaan yang kurang. Karakteristik lain dari lensa prime yaitu ukurannya kecil pendek dibanding lensa zoom yang berfocal length sama. 
Sumber 








butuh uang tambahan nich ada tips juga $$$ <<<< klik>>>>
atau follow link ini   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar